Menjalin Ukhuwah di Bulan Ramadhan



 Menjalin Ukhuwah di Bulan Ramadhan
Dalam rangka menumbuhkan semangat Ramadhan dan Silaturahmi Smk Swadya Temanggung mengadakan safari ramadhan di Tlogomulyo


Banyak cara yang dilakukan oleh elemen masyarakat untuk  menyongsong bulan ramadhan 1439 H. Tidak terlepas juga lembaga pendidikan mulai dari sekolah dasar sampai dengan  menengah atas dan kejuruan berbodong  bondong ikut meramaikan bulan ramadhan. Banyak kegiatan yang dilakukan mulai dari bakti sosial, pesantren kilat maupun khotmil qur’an di masing-masing sekolah.

SMK Swadaya adalah sekolah yang sigap dalam menyambut bulan ramadhan. Hal ini bisa dilihat dari rentetan kegiatan yang selama ini dilakukan rutin setiap tahunnya. Khotmil qur’an, pesantren ramadhan, dan zakat fitrah adalah beberapa kegiatan yang selama ini dilakukan rutin dalam bulan ramadhan. Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka penanaman karakter, kepedulian kepada sesama, kecintaan terhadap agamanya untuk membentuk mental peserta didik yang mumpuni secara intelektual maupun secara sosialnya.

Pesantren ramadhan merupakan salah satu wadah dalam pematangan mental religi peserta didik. Kegiatan tersebut merupakan agenda  besar yang digarap oleh anak-anak kelas X, dan XI yang tergabung dalam Majelis Ta’lim Ulul albab dengan bimbingan para pembina dan arahan dari kepala sekolah. Banyak rentetan kegiatan dalam pesantren ramadhan kemarin, mulai dari kajian disetiap pagi, Khotmil Qur’an, sholat duha, dan beberapa materi yang salah satunya bersumber dari pengalaman seorang muallaf. Kegiatan pesantren ramadhan dilakukan selama 4 hari, sedangkan puncak dari kegiatan tersebut adalah safari ramadhan.

Safari ramadhan 1439 H dilaksanakan di masjid Umar Ibnu Yasir, dusun Karanganom, Balerejo, kec Tlgomulyo dengan mengandeng beberapa elemen masyarakat mulai dari polsek, koramil, pejabat kecamatan, KUA Tlogomulyo, pejabat desa, siswa SMP,  dan masyarakat sekitar. Hal ini tentunya tidak terlepas dari misi Smk Swadaya Temanggung untuk menjadikan sekolah yang maju, unggul dan berkualitas. Alasan pemlihan lokasi di kecamatan Tlogomulyo adalah termasuk tiga kecamatan dengan jumlah peserta didik yang paling banyak bersekolah di Smk Swadaya selain Kecamatan Bulu dan Kranggan.      Maksud dari pelaksanaan kegiatan safari ramadhan 1439 H di Tlogomulyo yakni menjalin Silaturahmi dibulan ramadhan dan komunikasi dengan masyarakat serta sebagai alat untuk lebih mendekatakan SMK Swadaya dengan masyarakat.
Dalam acara tersebut, tak luput siswa-siswi dari Smk Swadaya Temanggung yang di wakilkan oleh kelas X juga ikut khidmat dalam mengikuti acara tersebut sampai selesai. Selain itu, terdapat siswa-siswi dari SMP N 1 Tlogomulyo yang duduk bersanding khidmat dengan anak-anak dari Smk Swadaya Temanggung. Ada sekitar 600 ratus peserta yang hadir diacara tersebut. Acara tersebut dibuka oleh bapak camat Tlogomulyo yang diwakilkan oleh staf bagian kesra yang disaksiakan oleh bapak koramil, kepala sekolah beserta jajaran guru dan karyawan dari SMK Swadaya maupun dari SMP N 1 Tlogomulyo.
Dalam kegiatan tersebut, kepala KUA Tlogomulyo, selaku pemateri pertama menyampaikan tentang pentingnya menuntut ilmu bagi generasi muda. Dilanjutkan pemateri kedua yakni Drs. Humam Sabroni, M.Si wakil kepala sekolah Smk Swadaya bidang Quality Control yang menyampaikan tentang pentingnya bersyukur. Di sela-sela tausiyah ada pemberiaan doorprize bagi anak yang bisa menjawab soal yang diberikan oleh pemateri. Suasana seperti itu berlanjut hingga penghujung acara. Tidak lupa, dalam safari ramadhan 1439 H panitia juga mengandeng Temanggung TV sebagai media publikasi yang sangat berpengaruh terhadap kepercayaan masyarakat terhadap kegiatan pendidikan di Smk Swadaya Temanggung. Yang lebih menariknya lagi adalah banyaknya partisipasi anak dalam acara tersebut mulai dari persiapan, pelaksanaan, hingga penutupan. Sehingga dikandung maksud agar bisa membentuk mental anak yang tangguh, dan siap untuk terjun dilingkungan masyarakat.

Pada intinya, safari ramadhan berfungsi sebagai wahana silaturahmi, pembelajaran, pemupuk karakter Islami sebagai wadah peningkatan mutu sekolah menuju Smk Swadaya yang hebat, unggul dan berkualitas. 


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

BTemplates.com

Blogroll

Recent Posts

Pages

Recent Posts




HOT GAMES




Trending Music Local