TEPUK TANGAN 1300 SISWA IRINGI LAUNCHING MAJALAH INOVASI



TEPUK TANGAN 1300 SISWAIRINGI LAUNCHING MAJALAH INOVASI


Launching majalah inovasi di ikuti oleh seluruh civitas academika SMK Swadaya Temanggung, yang tediri dari 1300 siswa dan 70 guru dan karyawan, tepuk tangan para siswa menambah riuhnya suasana.
Acara ini di kemas dalam kegiatan apel pagi yang dilaksanakan pada hari senin,  2018. Pada kegiatan ini dibuka dengan sambutan dari kepala sekolah Bapak H. Muhasyim, S.Pd., kemudian dilanjutkan dengan acara inti yaitu laporan ketua redaksi majalah Inovasi Bapak Anang suseno S.Pd. Acara ditutup dengan pelepasan balon yang diiringi riuhnya tepuk tangan dari 1300 siswa dan seluruh bapak ibu guru yang mengikuti apel pagi, hal ini menandakan bahwa majalah inovasi resmi di launching dan siap dinikmati oleh segenap warga SMK Swadaya.
Majalah inovasi sendiri dibuat dengan pertimbangan literasi yang berkembang saat ini. Literasi itu sendiri menurut KBBI (Kamus besar bahasa Indonesia) merupakan kemampuan menulis dan membaca, juga kemampuan individu dalam mengolah informasi dan pengetahuan untuk kecakapan hidup. Sebenarnya literasi lebih dari sekadar membaca dan menulis, namun mencakup keterampilan berpikir menggunakan sumber-sumber pengetahuan dalam berbagai bentuk diantaranya cetak, visual dan digital. Persoalan literasi menjadi salah satu persoalan yang sangat diperhatikan oleh pemerintah. Hal ini dibuktikan dengan adanya Gerakan LIterasi Sekolah (GLS), GLS dituangkan dalam gerakan membaca buku jenis apa saja, yang saat ini menjadi program wajib yang harus dilaksanakan seluruh sekolah sebelum memulai proses belajar mengajar. GLS merupakan program yang resmi secara nasional di bawah payung hukum Permendikbud No. 23 tahun 2015 tentang penanaman budi pekerti, program literasi ini disebut gerakan karena program ini bukan program jangka pendek tetapi merupakan program jangka panjang yang berkesinambungan. GLS diharapkan menjadi budaya yang bisa diterapkan oleh siswa. Oleh karena itu untuk mendukung literasi di SMK Swadaya Temanggung siswa diberi wadah dan media yaitu majalah Inovasi. Majalah merupakan media membaca dan juga wadah untuk menuangkan hasil karya para siswa. Seperti yang dikemukakan oleh Kepala Sekolah SMK Swadaya Temanggung Bp. H. Muhasyim, S.Pd. pada saat sambutanya di acara launching Majalah Inovasi “Anak- anak harus rajin menulis dan membaca, majalah menjadi medianya.”
Terbitnya majalah inovasi merupakan tanda hidupnya kembali redaksi SMK Swadaya Temanggung
Pada era literasi sekarang ini majalah merupakan media untuk anak didik dalam hal ini siswa SMK swadaya Temanggung untuk merangsang rasa ingin tahunya terhadap dunia menulis dan membaca. Dalam rubrik majalah Inovasi salah satunya adalah hasil karya siswa, merupakan fasilitas untuk para siswa agar dapat berlomba-lomba menghasilkan karya yang hasilnya bisa di muat dapat dinikmati oleh pembaca majalah Inovasi. Hasil karya siswa dapat dituangkan dalam berbagai bentuk yaitu puisi, pantun, cerpen, cerbung, komik pendek (bergambar), dan lain sebagainya. Ada juga TTS (teka- teki silang) yang di sediakan di salah satu rubrik, bertujuan agar siswa tertarik untuk mengisi dan mempelajari hal yang ada dalam TTS tersebut. Resensi buku merupakan ulasan pendek tentang isi sebuah buku. Pada rubrik ini akan di sajikan beberapa resensi buku yang diharapkan akan menumbuhkan ketertarikan siswa untuk membaca buku hasil resensi yang disajikan di majalah inovasi.
Saat ini pemerintah juga sedang gencar menyuarakan tentang pendidikan karekter. Berdasarkan. UU No. 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasioal pada pasal 3, menyebutkan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan karakter bukan hanya merupakan tuntutan Undang-undang tetapi juga tutuntan agama. Setiap agama mengajarkan karakter atau akhlak pada pemeluknya. Tujuanya adalah untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan dan hasil pendidikan di sekolah yang engarah pada pembentukan karakter peserta didik. Sasaran pendidikan karakter adalah seluruh warga sekolah yaitu siswa, pendidik dan tenaga kependidikan, diutamakan adalah para siswa. Berbagai macam media dapat digunakan untuk melakuan penguatan pendidikan karakter, salah satunya adalah media cetak. Oleh karena itu majalah merupakan salah satu media yang dapat dimanfaatkan.
Dengan terbitnya majalah inovasi diharapkan mampu menyajikan informasi yang dapat dinikmati oleh segenap warga smk swadaya temanggung. Informasi yang di dapat dari majalah dapat diterapkan atau dimanfaatkan sebagai hal positif yang dapat dilakukan. Hal tersebut merupakan wujud dari salah satu usaha dalam memberikan pendidikan karakter terhadap anak didik yang di lakukan melalui media baca.



Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

BTemplates.com

Blogroll

Recent Posts

Pages

Recent Posts




HOT GAMES




Trending Music Local