Sosialisasi Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS) oleh PMR Wira Unit SMK Swadaya


Sosialisasi Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS) oleh PMR Wira Unit SMK Swadaya




Selasa (27/3/2017) PMR Wira Unit SMK Swadaya bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kab Temanggung mengadakan Sosialisasi Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS) di Aula SMK Swadaya Temanggung. Acara yang di bagi menjadi tiga sesi dan di ikuti 969 siswa dari semua jurusan.
Ketua PMR SMK Swadaya, Anggun Laeli Rofiah, mengatakan tujuan GERMAS ialah mampu menyampaikan informasi kepada siswa SMK swadaya dan masyarakat tentang hidup sehat. “Melalui GERMAS diharapakan dapat meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat untuk membiasakan diri hidup sehat. Meningkatkan produktifitas masyarakat, dan mengurangi beban biaya kesehatan.” Ucap Anggun disela-sela sambutan ketua panitia dalam acara tersebut.
GERMAS hidup sehat dapat dilakukan dengan cara antara lain, melakukan aktifitas fisikm mengkonsumsi sayur dan buah, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan, dan menggunakan jamban sehat. Pada tahap awal, GERMAS tersebut secara nasional dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan: 1) Melakukan Aktifitas Fisik 30 menit per hari, 2)mengkonsumsi buah dan sayur, 3) Memeriksa kesehatan secara rutin.
Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) di pelopori oleh Presiden Ir. Joko Widodo melalui Inpres. Inpres tersebut mengamanatkan GERMAS sebagai sektor kehidupan. SMK Swadaya Temanggung ditunjuk oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung untuk mensosialisaikan kegiatan GERMAS tersebut. Harapannya, usai mengkikuti sosialisasi GERMAS, Siswa mampu untu hidup sehat dan menularkannya kepada keluarga serta masyarakat.
Pembina PMR SMK Swadaya, Jeki Wulandari, mengatakan membiasakan pola hidup sehat tidaklah perkara mudah. Dibutuhkan ketelatenan untuk mengingatkan tentang hidup sehat kepada para siswa. Lantaran, kemajuan IPTEK menjadikan sebagian besar siswa terlena dan abai dengan pola hidup sehat. “Hadirnya sepeda motor menjadikan siswa lupa untuk berjalan kaki dan masih banyak lagi contoh lainnya.” Ujar Jeki Wulandari. 
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

BTemplates.com

Blogroll

Recent Posts

Pages

Recent Posts




HOT GAMES




Trending Music Local