PKS ( PATROLI KEAMANAN SEKOLAH ) SMK SWADAYA TEMANGGUNG


PKS ( PATROLI KEAMANAN SEKOLAH )
SMK SWADAYA TEMANGGUNG


SMK Swadaya Temanggung merupakan salah satu SMK Hebat yang berada di Temanggung, dengan berbagai prestasi yang akhir-akhir ini diperoleh dari berbagai bidang kegiatan, dengan didalamnya ada berbagai unit AKS ( Aktivis Kegiatan Sekolah ). AKS tersebut tediri dari 5 unit, yaitu OSIS, PKS, PMR, MT, dan Bantara. Pada bahasan kali ini akan terfokus pada AKS unit Patroli Keamanan Sekolah atau dapat disingkat PKS adalah salah satu jenis kegiatan ekstrakurikuler yang umum ditemui di sekolah-sekolah di Indonesia, termasuk di SMK Swadaya Temanggung.
Pada tanggal 5 Mei 1975 dibentuklah suatu wadah yang bernama Polisi Keamanan Sekolah.Pada saat itu ruang lingkup tugas yang diemban Polisi Keamanan Sekolah masih sempit, yaitu hanya sebatas menjaga keamanan sekolah dari tindakan-tindakan yang dilakukan oleh siswa tersebut.
Untuk memperluas ruang lingkup dari tugas Polisi keamanan sekolah, maka pada tanggal 5 Juni 1975 Polisi Keamanan Sekolah diganti namanya dengan Patroli Keamanan Sekolah dengan persetujuan dari Bapak Letkol. Anton Sudjarwo. Ruang lingkup dari Patroli kemanan Sekolah mengalami penyempitan dan perluasan.
Tugas dipersempit dibidang keamanan, dimana tugas yang diemban Patroli Keamanan Sekolah hanyalah sebagai pengawas atau pemantau dari tindakan-tindakan negatif yang terjadi di sekolah untuk selanjutnya dilaporkan kepada pihak guru. Sedangkan perluasannya yaitu pada bidang kelalulintasan, dimana seluruh anggota Patroli Keamanan Sekolah wajib mengetahui peraturan-peraturan kelalulintasan terutama di lingkungan SMK Swadaya.

Apa hubungan Patroli Keamanan Sekolah dengan lingkungan sekolah ?
Bentuk partisipasi siswa/pelajar terhadap sekolah untuk turut menciptakan citra positif pelajar sebagai warga intelektual di sekolah.

Bagaimana cara / syaratnya untuk menjadi seorang Patroli Keamanan Sekolah ?
1.      Dapat menyebrang jalan raya sendiri secara aman dan tidak membahayakan pengguna jalan lainnya.
2.      Dapat menyebrangkan orang lain di jalan raya secara aman dan tidak membahayakan  pengguna jalan lainnya.
3.      Mengerti rambu – rambu lalu lintas.
4.      Mampu memimpin diri sendiri dan orang lain.
5.      Mampu dan mengerti masalah peraturan baris berbaris

Dalam kegiatan ekstrakurikuler, para siswa dilatih menjadi semacam "polisi sekolah". Tidak hanya itu saja banyak sekali pengetahuan yang didapat oleh seorang anggota PKS. Mereka diberi pelajaran mengenai Narkoba dan Kenakalan Remaja, supaya mereka tahu betapa membahayakannya Narkoba itu. Latihan Baris berbaris, kedisiplinan, kekompakan, terutama Gerakan-gerakan pengaturan lalu lintas, yang biasanya di terapkan di lingkungan sekolah masing-masing. Selain itu semua tugas PKS juga menjaga keamanan dan ketertiban dilingkungan sekolah. Adapun berbagai macam kegiatan dari PKS SMK Swadaya Temanggung diantaranya adalah

1.    Latihan Gabungan PKS yang bertempat di Smk Swadaya yang di ikuti oleh SMA N 1 Temanggung,SMK N 2 Temanggung, dan MAN Temanggung.
2.   Turja setiap pagi di lingkungan Smk Swadaya dan pengaturan parkir. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin harian yang dilakukan oleh semua anggota PKS SMK Swadaya Temanggung. Mereka bertugas di jalan sekitar sekolahan setiap pagi dan sore hari pada saat semua siswa masuk dan pulang sekolah. Dengan sangat cekatan mereka bertugas dan juga disertai rasa semangat yang tinggi untuk mengatur lalu lintas di jalan sekitar SMK Swadaya. Hal ini dilakukan agar siswa-siswi dan para guru pada khususnya merasa lebih aman dan nyaman ketika akan masuk sekolah dan pulang sekolah.
3.   Pengaturan jalan di sekitar lingkungan Smk Swadaya,pengaturan parkir,dan pengarahan wali murid saat pengambilan rapot.

Jadi dengan adanya  PKS, semoga bisa selalu menjadi unsur yang berpengaruh positif untuk kemajuan SMK Swadaya Temanggung pada masa-masa selanjutnya dengan generasi-generasi yang berlanjut pula.



Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

BTemplates.com

Blogroll

Recent Posts

Pages

Recent Posts




HOT GAMES




Trending Music Local